Blog Informasi Apa Aja

14 September 2016

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online – Kemudahan bertransaksi via online memang merupakan salah satu faktor yang menjadikan bisnis online untuk saat ini kian pesat dan memiliki prospek yang menjanjikan. Namun dibalik bisnis online yang memiliki prospek yang bagus ini juga memiliki sisi lain yang mana bisa menjadi salah satu modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, seyogyanya anda mesti hati – hati dalam bertransaksi via online. 

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi penipuan dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari memastikan identitas si penjual, hingga melakukan transaksi cash on delivery bisa anda lakukan untuk mengantisipasi agar nantinya anda bisa nyaman berbelanja via online. Tentunya masih banyak cara lainnya yang bisa anda gunakan agar terhindar dari penipuan online, yang akan diulas berikut ini.  

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online
credit image : pixabay.com
Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online

1.    Pastikan Reputasi Penjual Dengan Baik
Selain memilih produk, membeli barang secara online tentu juga mesti melihat bagaimana reputasi dan sepak terjang si penjual di dunia internet marketing. Anda bisa cross check akun media sosialnya, jika anda membeli via media sosial, atau juga bisa melihat testimony yang diposting oleh si penjual. Biasanya penjual online yang memiliki reputasi yang baik adalah mereka yang memiliki banyak testimony asli dari para pembeli. Dan juga kontak person yang diberikan pun jelas dan mudah untuk dihubungi.

2.    Menggunakan Rekening Bersama Jauh Lebih Baik
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, anda bisa mencari penjual online yang menggunakan rekening bersama sebagai salah satu media bertransaksi. Penjual online yang menggunaka rekening bersama tentu sudah terbukti jujur, karena rekening bersama ini adalah salah satu faslitas yang diadakan oleh sebuah perantara yang mana uang yang anda transfer akan dicairkan kepada si penjual, jika barangnya sudah sampai ke tangan anda. 

3.    Cash On Delivery
Hal yang selanjutnya bisa anda lakukan untuk menghindari penipuan adalah dengan bertransaksi via COD. Jadi antara pembeli dan juga penjual bisa saling bertemu untuk melakukan transaksi. Tentu saja transaksi menggunakan sistem ini, anda akan terhindar dari penipuan secara online, dan bisa mengetahui secara rinci identitas si penjual. 

4.    Minta Resi Pengiriman
Jika anda sudah bertransaksi dan mentransfer uang, maka hal yang mesti anda lakukan adalah meminta nomer resi pengiriman barang. Ini merupakan hal yang penting, nantinya barang anda akan mudah dilacak keberadaanya. Dan nomer resi inilah yang akan memastikan apakah barang yang anda beli benar dikirim atau tidak. 

5.    Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Yang Murah

Sebagai seorang pembeli, tentu yang dicari adalah membeli dengan barang yang murah namun berkualitas bagus. Ini memang lumrah diinginkan oleh setiap orang. Namun anda juga mesti curiga, jika ada sebuah online shop menawarkan harga atau potongan harga yang tidak wajar atau sangat murah. Potensi penipuan sangat besar adanya jika anda percaya dan ingin membelinya. Walaupun bukan penipuan, bisa jadi anda membeli barang yang statusnya illegal di mata hukum.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari penipuan online. Tentu saja anda mesti teliti dan waspada setiap bertransaksi dengan cara online agar nantinya anda tidak dirugikan dari aksi para penipu online, yang saat ini banyak berkeliaran di dunia maya. Semoga bermanfaat.

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: